INFO PES : Tips dan Trik Mengatur Formasi dan Taktik Terbaik di PES 2018

Assalammualaikum wa Rohamatullahi wa Barokatuh

PES 2018 atau Pro Evolution Soccer 2018 adalah permainan sepakbola terbaru yang dirilis oleh KONAMI. Game ini sudah mempunyai gameplay yang lebih baik dari versi PES sebelumnya. Banyak fitur-fitur baru mengenai PES 2018. Tak terkecuali mengenai Formasi dan Taktik di dalam PES 2018.

Berbeda dengan sebelumnya, mungkin yang masih pemula akan susah atau kesulitan bermain PES 2018dalam mengatur Formasi dan Taktikyang ampuh sehingga kalian tidak dapat memenangkan sebuah pertandingan di PES 2018.

Formasi dan Taktikmerupakan salah satu aspek penting dalam sepakbola maupun di gamenya sekalipun, terutama di PES 2018. Memilih formasi terbaik dan menentukan taktik yang tepat untuk mengahadapi tim lawan adalah hal yang sangat penting. Jika suatu tim memilih Formasi dan Taktik yang kurang cocok terhadap gaya permainan tim, dapat di pastikan tim tersebut akan bermain dengan sangat buruk dan akan membuat celah pada tim lawan untuk memenangi pertandingan tersebut.

Bagaimana caranya untuk memilih Formasi dan Taktik terbaik di PES 2018? Tenang saja, saya di sini akan membahas tentang Tips dan Trik Mengatur Formasi dan Taktik Terbaik di PES 2018secara detail dan lengkap.


Ingin tahu selengkapnya, silahkan baca di bawah ini,






Tips dan Trik Mengatur Formasi dan Taktik Terbaik di PES 2018








Formasi Terbaik di PES 2018



Formasi 4-3-3




Formasi 4-3-3 ini mungkin sudah sangat familiar atau sering di gunakan dalam bermain PES tak terkecuali di PES 2018. Di sepakbola pada umumnya banyak juga klub-klub terbaik dunia memakai formasi yang satu ini seperti Real Madrid, Barcelona, dan Klub Terbaik lainnya.

Mengapa formasi ini sangat sering di gunakan? Karena formasi 4-3-3 ini sangat seimbang saat kita ingin mengatur permainan menyerang maupun bertahan sekalipun. Misalnya saat tim kita ingin memankan pola bermain menyerang. Saat posisi sendang penyerangan ke daerah lawan, bek sayap tim kita akan maju ke depan hingga saat itu akan membentuk pola formasi 2-3-5. Sedangkan saat tim kita sedang bertahan, 2 Winger atau Sayap tim kita akan mundur ke tengah hingga membentuk pola formasi 4-5-1.

Kunci permainan dari formasi 4-3-3 ini adalah pentingnya peran Wing Back atau Bek Sayap ( Kanan dan Kiri ) serta peran Winger atau Sayap ( Kanan dan Kiri ). Kedua pemain dalam posisi tersebut sangat sentral sekali perannya, tak terkecuali peran dari seorang pemain gelandang.

Di formasi 4-3-3 kita memiliki tiga pemain yang berposisi gelandang, dari ketiga gelandang tersebut harus dituntut dapat menguasai jalannya permainan. Untuk memaksimalkan peran seorang gelandang dalam formasi 4-3-3, saya sarankan untuk menurunkan 3 gelandang dalam peran yang berbeda, yakni 1 gelandang bertahan, 1 gelandang tengah, dan 1 gelandang serang atau di sebut Playmaker. Karena dengan adanya tiga peran yang berbeda ini, di lini tengan tim kita akan seimbang dalam melakukan penguasaan bola.



Formasi 4-2-3-1




Formasi 4-2-3-1ini mungkin adalah formasi yang sering juga di gunakan pada gamer PES 2018. Karena merupakan formasi yang sangat baik saat di terapkan dalam pertandingan di ssepakbola mana pun. Bahkan formasi ini juga di terapakan oleh pelatih sekelas Pep Guardiola saat menangani Barcelona,Bayern Munchen, dan saat ini di Manchester City.

Formasi 4-2-3-1ini sebenarnya mirip dengan pola formasi 4-3-3, bedanya di formasi 4-2-3-1terdapat satu pemain gelandang serang utama di belakang striker. Hal tersebut dapat kita maksimalkan dengan pemain di belakang striker di atur dengan posisinya dengan tipe Support Striker (SS) agar dapat menimbulkan ancaman lebih ke dalam pertahanan tim lawan.

Sehingga seorang pemain yang bermain di posisi gelandang serang atau playmaker harus memiliki kreativitas yang tinggi dengan kemampuan passing dan shooting yang bagus. Sementara, 2 pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah harus memiliki kemampuan umpan yang akurat untuk membagi bola kepada winger atau playmaker dan bahkan sampai langsung ke arah striker utama. 
Namun salah satu dari ketiga gelandang tersebut harus ada pemain dengan posisi gelandang yang tipe bertahan. Hal ini agar ada yang membantu tim kita untuk memberikan cover pada daerah pertahanan tim kita.

Formasi ini sebenarnya lebih efisien dalam halnya melakukan pola permainan menyerang maupun bertahan ketimbang formasi 4-3-3. Mengapa? Dengan kita mengandalkan 3 striker, namun 2 pemain pemain striker tersebut cenderung berposisi sebagai winger yaitu LWF dan RWF, maka akan sangat ampuh jika kalian menggunakan pola permainan Counter Attack.

Selain itu dengan terdapatnya 2 pemain sayap yang terkadang jarang turn ke daerah pertahanan tim kita, maka dapat di pastikan tingkat akurasi saat ingin mecetak gol dan meraih kemenangan akan lebih tinggi ketimbang dengan formasi yang lainnya. Selain dari itu, pola formasi 4-3-3 ini lebih menguasai lapangan dari beberapa sisi atau sudut karena pemain tim kita akan menyebar ke segala daerah. Sehingga hal ini sangat bagus untuk pola permainan bertahan yang akan menyulitkan tim lawan untuk masuk ke daerah pertahanan dari tim kita.






Taktik Terbaik di PES 2018



Taktik Permainan Menyerang




Pada taktik permainan menyerang ada 2 pilihan yang dapat kalian gunakan di PES 2018 yakni Possession Game dan Counter Attack.

Taktik menggunakan Possession Game akan sangat seimbang dan lebih minimnya resiko. Karena pemain dari tim kita akan saling member support terhadap pemain lainnya. Namun saat tim kita ingin melakukan pola permainan menyerang akan sedikit berlangsung lambat untuk melakukan penyerangan terhadap tim lawan.

Taktik menggunakan Counter Attack akan berlangsung dengan cepat saat kita melakukan penyerangan terhadap tim lawan. Meski begitu resikonya akan sangat besar jika kalian melakukan peyerangan terhadap tim lawan dengan gagal. Namun dalam halnya menyerang strategi sangat baik untuk di terapkan. Taktik ini akan bekerja dengan baik jika kalian mempunai seorang pemain dengan posisi winger atau sayap yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Penentuan dalam taktik antara Possession Game dan Counter Attack sangat tergantung dengan kondisi pemain yang di miliki dalam skuad kalian.



Taktik Permainan Bertahan




Sama halnya dengan Taktik menyerang dengan Taktik Permainan Bertahan terdapat dua pilihan yaitu Frontline Pressure dan All-Out Defense.

Menggunakan taktik Frontline Pressure ini akan membuat pemain kita melakukakan tekanan atau pressing terhadap tim lawan sejak awal pertandingan di mulai. Taktik ini sangat efektif dan ampuh untuk merebut bola dari lawan tetapi juga mempunyai resiko karena membutuhkan banyak stamina dan membuat daerah sisi pertahanan tim kita menjadi lebih kosong.

Lalu dengan menggunakan taktik All-Out Defense akan membuat pemain tim kita cenderung lebih menunggu dan membuat pemain menumpuk di daerah pertahanan tim. Hal tersebut akan membuat tim lawan kesulitan dalam menembus daerah pertahanan tim kita.

Terdapat kelemahan dan kelebihan dengan menggunakan taktik ini. Kelemahannya adalah tim lawan akan sangat lebih leluasa dan bebas melakukan penyerangan ke daerah pertahanan tim kita. Namun kelebihannya adalah jika kalian menggunakan taktik permainan Counter Attack, taktik All-Out Defenseini akan berguna, karena kita mepunyai celah untuk melakukan serangan balik dikarenakan tim lawan sedang menaikkan garis pertahanannya karena sedang asyik menyerang. Kalian dapat langsung menggunakan umpan panjang kea rah striker dan menyelesaikannya.













Berikut dari Tips dan Trik Mengatur Formasi dan Taktik Terbaik di PES 2018 yang saya berikan. Tentu kalian dapat mencoba dari tips yang saya berikan di atas tadi di PES 2018. Tentu dengan adanya Tips danTrik ini kalian dapat menentukan Formasi dan Taktik di PES 2018 dan dapat meraih kemenangan saat bermain PES 2018.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat










Sekian dan Terima Kasih,
Wassalammualaikum wa Rohmatullahi wa Barokatuh













Muhammad Andi Chaerudin ( Si Penulis )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFO PES : Tips Mudah dan Lengkap Bermain Master League PES 2017 Bagi Pemula

INFO PES : Tips dan Trik Lengkap Bermain Become a Legend di PES 2017

INFO PES : Panduan Komposisi di Player Ability PES 2017