INFO PES : Tips Mengatur Formasi dan Taktik Ampuh yang Tepat di PES 2017 Bagi Pemula

 Assalammualaikum wa Rohmatullahi wa Barokatuh

Dalam dunia sepakbola Formasi dan Taktik sangatlah penting bagi kesuksesan suatu tim. Tak terkecuali di dunia game sepakbola sekalipun. Jika suatu tim berisi pemain kelas dunia tetapi tidak diimbangi oleh gaya permainan yang baik, tentu tim tersebut akan bermain tanpa arah. Sama halnya di game sepakbola yakni PES atau Pro Evolution Soccer. Jika kalian tidak memiliki formasi dan taktik bermain, kalian tentu akan mengalami kesulitan saat menghadapi lawan-lawan kuat dalam suatu pertandingan.

PES 2017 sudah jauh berkembang daripada versi PES sebelumnya. Mulai dari update pemain, tampilan pertandingan yang menarik, hingga salah satu aspek terpenting dalam sepakbola yakni taktik dan formasi. Ketika kalian bermain PES 2017, yang dapat kalian mainkan bukan hanya mengendalikan pemain-pemainnya saja. Namun, karena di PES 2017salah satu aspek taktik dan formasi juga mengalami perkembangan. Kita juga dapat mengatur Formasi dan Taktikyang ingin kita terpakan seperti halnya permainan sepakbola di dunia nyata pada umumnya.

Saat mengatur Formasi dan Taktik di PES 2017, mungkin yang masih pemula akan kesulitan bagaimana cara menerapkan formasi dan taktik yang ampuh dan benar saat tim akan melakukan suatu pertandingan.

Masalah tentang mengatur taktik dan formasi yang tepat saat bermain PES 2017 akan saya bahas dalam artikel berjudul Tips Mengatur Formasi dan Taktik Ampuh yang Tepat di PES 2017 Bagi Pemula. Di sini saya akan mengupas apa saja yang harus di perhatikan dalam mengatur sebuah rancangan formasi dan taktik yang akan di terapkan dalam suatu pertandingan.



Ingin lebih tahu selengkapnya silahkan baca tipsnya di bawah ini,






Tips Mengatur Formasi dan Taktik Ampuh yang Tepat di PES 2017 Bagi Pemula



Di sini saya akan membahas mengenai dua hal yaitu Formasi beserta Taktiknya. Jadi saya akan member penjelasan menerapkan formasi tim dengan panduan taktik yang ideal untuk formasi tersebut.

Di PES 2017, sebenarnya formasi apakah yang tepat, ampuh, dan taktik apa yang harus di terapkan untuk mengalahkan musuh-musuh lawan pada pertandingan pada nantinya.

Dari apa yang saya terapkan di PES 2017, terdapat dua buah formasi yang menurut saya ini adalah formasi yang tepat ketika kita bermain PES 2017 yaitu 4-4-2 dan 4-3-3.

Mengapa? Pertama kita bahas dulu, yaitu:




1,)  Formasi 4-4-2 beserta Taktiknya



Menurut saya formasi ini adalah formasi ang sangat tepat bagi para pemain yang memainkan game PES 2017. Karena formasi ini memuat perpaduan yang sangat seimbang antara pemain berposisi gelandang dan bek, sehingga formasi ini cocok dari segi permainan menyerang maupun bertahan. Formasi ini juga sudah pernah di terapkan oleh pelatih sekelas dunia seperti Sir Alex Ferguson,  Jose Mourinho, Diego Simeone, dan pelatih dunia lainnya.

Jadi dengan menggunakan formasi ini kita setidaknya dapat menguasai lini tengah dengan seimbang.
Ini disebabkan dengan adanya dua pemain dengan berposisikan sebagai penyerang. Karena dua penyerang adalah jumlah yang ideal untuk melakukan sebuah kerja sama yang baik ketika tim sedang dalam usaha melakukan penyerangan atau membobol gawang lawan.

Namun tentunya hal seperti ini harus di imbangi oleh skill dan kecepatan dari seorang penyerang tersebut. Karena dengan adanya seorang penyerang yang mempunyai skill dan kecepatan yang mumpuni, kalian akan mudah dalam membangun serangan karena tim memiliki dua pemain penyerang yang hebat.

Bagaimana taktik yang di sertakan dalam formasi 4-4-2? Taktiknya dibagi menjadi 4 bagian yaitu ContainmentArea, Defensive Style, Number in Defence, dan Pressuring. Saya akan membahasnya mulai dari:



Containment Area

Adalah sebuah pilihan untuk menentukan di daerah mana fokur dari pertahanan tim kita. Pilihan Containment Area harus di tentukan atau di sesuaikan darimana fokus daerah penyerang musuh tim kita.

Ketika saat tim kalian sudah mencetak gol, sangat di sarankan untuk merubah formasi tim ke permainan bertahan. Namun, apabila tim tetap terserang oleh tim lawan dari daerah sisi sayap atau samping gunakan WIDE, dan apabila tim terserang pada daerah sisi tengah gunakan CENTER.


Defensive Style

Pada bagian taktik ini kalian disarankan menggunakan Frontline Pressuredan Defensive pada tim kalian. Pada saat menggunakan kedua taktik ini, kalian akan lebih mudah saat sedang membangun serangan.

Cara Frontline Pressure akan membuat lawan menjauh dari daerah sisi pertahanan tim kita, ketika lawan sedang tertekan oleh kita, hal seperti akan membuat luang untuk menyerang tim lawan semakin mudah. Namun ada juga kelemahannya, yakni ketika kalian sedang asyik menekan tim lawan, saya sarankan tetap untuk berhati-hati terhadap musuh yang menggunakan taktik bermain Long Pass, ada kemungkinan tim lawan dapat menembus pertahanan tim kita

Cara Defensive akan membuat pemain kita cenderung bertahan di area pertahanan tim kita, dan tim lawan akan memaksa kita untuk selalu memperhatikan segala sesuatu serangan dari sisi daerah mana pun. Jangan di kira taktik ini cenderung melemahkan posisi kita. Justru kita akan dapat celah untuk melakukan serangan balik karena tim lawan terus menaruh pemain di posisi depan. Untuk itu selalu perhatikan di mana posisi serangan lawan yang akan di tuju, lalu jika ada kesempatan lakukanlah serangan balik secara cepat.


Number in Defence

Adalah di mana kalian dapat menentukan jumlah pemain yang membantu di lini pertahanan pada suatu tim. Tentukanlah taktik sesuai keadaan dan kebutuhan tim kalian.

Jika ketika tim kita telah mencetak gol, dan kita menginginkan suatu pertahanan yang kokoh untuk mempertahankan keunggulan skor, maka pergunakanlah pemain yang cukup banyak terutama melibatkan seorang gelandang di area pertahanan tim.

Tetapi saat keadaan tim tertinggal oleh defisit gol dan kita menginginkan sebuah permainan menyerang untuk mencetak gol ke tim lawan, silahkan untuk mengurangi pemain di daerah pertahanan tim kita.


Pressuring

Yakni sebuah taktik dari para pemain di tim kita menekan permainan tim lawan. Di sini terdapat dua pilihan, yaitu Aggressive dan Conservative.

Pilihan Conservative adalah taktik yang di gunakan saat tim lawan menekan pertahanan dari tim kita. Sehingga pilihan yang satu ini dapat menahan perlawanan dari tim lawan yang mengandalkan permainan Aggressive.

Pilihan Aggressive adalah taktik yang di gunakan tim kita untuk menekan dari permainan tim lawan. Sehingga kita dapat menekan tim lawan hingga ke daerah pertahanannya sendiri. Namun perlu di ingatkan harus berhati-hati akan serangan balik tim lawan.









2.)  Formasi 4-3-3 beserta Taktiknya



Formasi dari 4-3-3 ini adalah formasi yang mungkin sangat kreatif di dunia sepakbola mana pun. Mengandalkan pertahanan dengan 4 bek sejajar dengan dipadukan 3 gelandang dan 2 sayap, dan 1 striker. Sehingga antara daerah tengah dan pertahanan menjadi seimbang.

Formasi ini dapat member kita ruang untuk melakukan permainan menyerang dan bertahan dengan baik di PES 2017. Dengan adanya dominasi dari gelandang di tengah, kalian dapat menguasai possession ball dengan leluasa. Formasi ini sering di pakai oleh tim-tim besar seperti Barcelona, Real Madrid, Liverpool, dan klub besar lainnya.

Tentu formasi 4-3-3 akan berjalan dengan efektif saat di pakai di dalam pertandingan, jika di padukan dengan taktik yang tepat.

Saya sudah menemukan formulanya dengan menyelaraskan formasi 4-3-3dengan taktik yang tepat. Taktik yang tepat dengan formasi 4-3-3 di PES 2017 yang saya berikan ada dua settingan yaitu,



Settingan 1





Attacking Instructions
Attacking Style                    :   Possession Game
Build Up                              :   Short-pass  
Attacking Area                     :   Center
Positionng                            :   Flexible
Defensive Instructions
Defensive Style                   :   Frontline Pressure
Containment Area              :   Middle
Pressuring                          :   Aggressive
Defensive Line                    :   6 Focus Point





Settingan 2


Attacking Instructions
Attacking Style                       :   Possesison Game
Build Up                                :    Long-pass  
Attacking Area                       :   Wide
Positionng                             :    Flexible
Support Settings
Switch Preset Tactics                               :   Off
Auto change Attack/Defense Level          :   Off
Auto Substitutions                                    :   Flexible
Auto Offside Trap                                     :   On








Berikut dari Tips Mengatur Formasi dan Taktik Ampuh yang Tepat di PES 2017 Bagi Pemula yang saya berikan. Selain dari formasi telah saya sarankan di atas untuk di gunakan saat bermain PES 2017, terdapat juga aspek yang harus di perhatikan, yakni menentukan pilihan pemain dengan melihat kondisi performa pemain kalian.

Karena jika kalian sudah mengatur formasi dan taktik sedemikian rupa dan sebagus mungkin, maka tanpa di imbangi pemain dengan performa baik tentu formasi dan taktik yang sudah di rencanakan tersebut tidak akan berjalan lancar. Mengapa? Jika pemain tidak dalam kondisi prima atau menurun permainan kalian di PES 2017 tidak akan sesuai dari keinginan kalian, karena si pemain di tim kalian tidak dalam kondisi terbaik saat bertanding, sehingga kalian akan kesulitan dalam urusan melakukan serangan maupun untuk mencetak gol sekalipun.

Oleh karena itu selalu perhatikan kondisi pemain, dan pilihlah pemain yang terbaik yang sesuai dengan taktik kalian, sehingga kalian dapat memenangkan sebuah pertandingan dalam bermain PES 2017. Mungkin ini saja yang dapat saya berikan untuk kalian semua yang membacanya.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.











Sekian dan Terima Kasih,
Wassalammualaikum wa Rohmatullahi wa Barokatuh












Muhammad Andi Chaerudin ( Si Penulis )




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFO PES : Tips Mudah dan Lengkap Bermain Master League PES 2017 Bagi Pemula

INFO PES : Tips dan Trik Lengkap Bermain Become a Legend di PES 2017

INFO PES : Panduan Komposisi di Player Ability PES 2017